Senin, 05 September 2016

Bagaimana Proses Terjadinya Galaksi?

Bagaimana Proses Terjadinya Galaksi ?
            Bumi merupakan planet yang terletak di Galaksi Bima Sakti . Dan di alam semesta sana, terdapat banyak galaksi, salah satunya galaksi Andromeda yang merupakan galaksi yang terdekat dengan Galaksi Bima Sakti (Milky Way) . Dan tahukah anda bagaimana proses terbentuknya galaksi ?
            Galaksi adalah sebuah sistem yang terlihat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang- bintang . Untuk pertama kalinya pembentukan galaksi mulai dari awal meledaknya bintang tua hingga proses evolusinya selama berjuta-juta tahun dan akhirnya terbentuk seperti sekarang yang berhasil terpecahkan . terbentuknya galaksi tersebut menggunakan model “hierarchcal formation” yaitu proses selangkah demi selangkah dimana galaksi yang kecil bergabung dengan galaksi yang besar.


           

 Pada awalnya proses pembentukan galaksi didsarkan pada teori Bigbang. Sekitar 300.000 tahun setelah peristiwa dentuman besar, atom-atom hidrogen dan helium mulai terbentuk , dalam sebuah peritstiwa yang disebut rekombinasi . hampir semua hidrogen adalah netral ( tidak terionisasi) dan dengan mudah menyerap cahaya, serta belum ada bintang yang terbentuk. Akibatnya periode ini disebut “zaman kegelapan”. Dari fluktuasi kepadatan (ketidakseragaman anisotropi) dalam materi perba inilah struktur – struktur yang lebih besar mulai muncul. Hasilnya, massa materi barionik mulai memadat dalam cincin cahaya materi gelap dingin. Struktur-struktur primordial inilah yang akhirnya menjadi galaksi yang kita lihat seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar